Cara Mengatur Budget Pernikahan yang Efektif dan Hemat

cara mengatur budget pernikahan

Setiap pasangan kekasih memiliki rencana pernikahan yang unik. Pernikahan masih dikaitkan dengan biaya yang tinggi, sayangnya. Bagi pasangan yang berencana untuk hidup bersama, biaya pernikahan yang tinggi seringkali menjadi masalah. Biaya pernikahan dapat mencapai setidaknya puluhan hingga ratusan juta. Namun, pernikahan tidak selalu mahal. Ada banyak cara untuk mengurangi biaya pernikahan tanpa mengurangi kesucian dan kesakralan pernikahan. Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatur budget pernikahan yang efektif dan hemat serta dengan tips membuat dekorasi akad nikah di rumah …..

Tips Cara Mengatur Budget Pernikahan yang Efektif dan Hemat

cara mengatur budget pernikahan

1. Ubah Cara Berpikir Tentang Pernikahan

Mengubah cara Anda berpikir tentang pernikahan adalah cara pertama untuk mengurangi biaya pernikahan. Pernikahan bukanlah tujuan terakhir bagi seseorang yang sedang mencari pasangan; itu adalah awal baru dalam hidup rumah tangga. Ketika Anda tidak menikmati kehidupan bersama pasangan Anda, pernikahan Anda menjadi tidak relevan lagi. Akibatnya, saat menghitung biaya pernikahan, berhati-hatilah. Anda tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk pernikahan mewah. Alangkah lebih baik untuk mempersiapkan tabungan pernikahan untuk kehidupan selanjutnya.

2. Menetapkan Prioritas

Pastikan apa yang paling penting bagi Anda dan pasangan Anda untuk menikah. Fokuslah pada hal-hal yang benar-benar Anda inginkan, seperti tempat pernikahan impian Anda, fotografer profesional, dan dekorasi yang indah. Anda dapat mengalokasikan anggaran dengan lebih efisien dengan menetapkan prioritas.

3. Membuat Rencana Anggaran

Tentukan berapa banyak uang yang Anda inginkan untuk pernikahan secara keseluruhan. Merencanakan anggaran secara menyeluruh akan membantu Anda mengurangi pengeluaran yang tidak terduga dengan mencatat semua hal yang akan memerlukan biaya, seperti venue, catering, pakaian pengantin, undangan, dan lainnya.

4. Menggunakan Undangan Online

Dengan kemajuan teknologi, Anda tidak perlu lagi membuat undangan kertas atau kartu berharga puluhan ribu rupiah. Sekarang Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan undangan pernikahan online, terutama untuk teman. Anda dapat menghemat banyak uang dengan mendapatkan undangan online yang sangat murah bahkan gratis!

Namun, untuk kerabat dekat yang harus dihormati, Anda biasanya masih membutuhkan undangan langsung. Jika Anda tetap ingin mencetak undangan, mintalah versi softcopy untuk dikonversi ke undangan online. Anda dapat menemukan jasa desain undangan yang murah jika Anda memutuskan untuk menggunakan undangan online sepenuhnya.

5. Mengurangi Jumlah Undangan

Banyaknya tamu undangan adalah salah satu alasan mengapa biaya pernikahan menjadi lebih mahal. Jumlah tamu undangan yang banyak otomatis akan membuat biaya catering menjadi lebih tinggi. Karena itu jauh lebih baik untuk hanya mengundang orang-orang yang Anda benar-benar kenal. Pernikahan akan menjadi lebih menarik jika dihadiri oleh orang yang penting bagi Anda. Selain itu, dengan kemajuan teknologi saat ini, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk menyebar undangan secara online. Ini cukup murah untuk biaya pernikahan.

6. Memilih Lokasi yang Tidak Memakan Biaya Besar

Para calon pengantin ingin menikah di gedung mewah di pusat kota atau di hotel mewah dengan pemandangan pantai. Karena mereka biasanya menjual lokasi strategis dan pemandangan yang indah, tempat-tempat tersebut biasanya sangat mahal. Jika Anda memiliki budget yang sangat tinggi, Anda masih dapat menyewa lokasi yang strategis dan gedung mewah. Namun, jika anggaran Anda terbatas, lokasi yang lebih baik adalah di pinggiran kota atau di daerah terpencil. Selain itu, perhatikan akses jalan yang mudah diakses. Tidak ada salahnya merayakan pernikahan di pinggir kota karena calon pengantin yang bahagia dan tamu undangan yang nyaman.

7. Memilih Menyewa Pakaian Ketimbang Membeli

Pernikahan Anda mungkin sedikit lebih murah dengan bantuan nasihat ini. Mengapa tidak menyewa gaun pernikahan daripada membeli sendiri? Menyewa pakaian dapat menghemat lebih banyak uang, terutama jika Anda ingin menyesuaikan anggaran. Pakaian pengantin bisa sangat mahal, terutama jika hanya dipakai sekali dalam hidup. Banyak butik menyewakan berbagai gaun dan setelan pernikahan modern, cantik, dan berkualitas tinggi. Sisa dana untuk pakaian dapat dialokasikan ke sumber daya yang lebih penting dengan cara ini.

8. Memilih Dekorasi yang Minimalis

Sekarang, dekorasi pelaminan lebih sederhana dan berbeda dengan gaya tradisional. Untuk menghemat uang, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendekorasi sendiri. Selain itu, jika Anda memang ingin menggunakan layanan dekorasi, ada banyak penyedia yang menawarkan dekorasi pelaminan yang indah dan mewah dengan harga yang terjangkau.

9. Pilih Hari Pernikahan di Hari Kerja

Pilih hari pernikahan di hari kerja adalah cara mengatur budget pernikahan yang hemat. Pernikahan harus dilakukan akhir pekan. Ini dilakukan untuk memudahkan kedatangan tamu. Pernikahan akhir pekan ternyata mahal. Sewa gedung untuk pernikahan di hari kerja jauh lebih murah daripada sewa di akhir pekan. Tidak ada salahnya mengadakan pernikahan di hari kerja jika anggaran Anda terbatas. Ini pasti akan membantu Anda mengurangi biaya pernikahan.

10. Pilih Menu Makanan yang Umum

Anda hanya perlu memastikan jumlah hidangan yang cukup untuk para tamu; tidak perlu makanan mewah. Pilih makanan yang umum di masyarakat Indonesia untuk menu makanan sendiri. Sebaiknya, lakukan survei dan uji coba makanan sebelum memilih vendor. Ini memungkinkan Anda untuk memastikan kualitas makanan yang akan dihidangkan kepada para tamu. Pilih menu yang lebih umum sehingga semua orang bisa makan. Sebagai contoh, Anda dapat memilih makanan Indonesia seperti nasi uduk, bakso, dan makanan sunda lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat menghemat uang untuk katering dan memastikan bahwa makanannya tidak terbuang sia-sia.

11. Cari Promo dan Diskon

Jangan ragu untuk melihat harga promo,diskon atau paket khusus dari vendor. Beberapa vendor mungkin menawarkan harga khusus untuk pemesanan jauh hari atau untuk acara di hari tertentu.

Anda dapat menghemat uang dengan merencanakan pernikahan impian Anda dengan mengikuti cara ini. Ingatlah bahwa pernikahan yang indah adalah tentang merayakan cinta dan komitmen bersama pasangan Anda, bukan uang.

12. Memilih Cincin Tunangan yang Tepat

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang untuk pernikahan Anda adalah memilih cincin tunangan yang tepat. Kita tahu bahwa berlian biasanya menghiasi cincin tunangan, jadi kalian harus tahu tentang beberapa faktor yang mempengaruhi harganya.

13. Menikah di KUA

Salah satu cara mengatur budget pernikahan adalah dengan menikah di Kantor Urusan Agama (KUA). Menikah di KUA gratis, tetapi jika Anda ingin menggelar akad nikah di tempat lain, seperti di rumah atau gedung, Anda akan dikenakan biaya memanggil penghulu sebesar Rp 600.000.

14. Menyewa Jasa Sewa Fotographer yang Tepat

Seseorang harus menyewa forotgrafer profesional karena kalian ingin menyimpan momen pernikahan kalian. Namun, ada beberapa tip untuk membantu Anda melakukannya. Jika ingin menghemat uang untuk menyewa fotografer, Anda dapat mulai mencari portofolio fotografer lokal yang bagus. Menyewa fotografer lokal memungkinkan Anda mengurangi biaya transportasi yang mungkin diminta jika fotografer berasal dari luar kota. Pilih juga fotografer profesional yang baru memulai bisnis fotografi, sehingga Anda dapat menghemat uang untuk menyewa mereka.

15. Minimalisir Biaya Seragam

Istilah “bridesmaid” dan “groomsman” sudah Anda dengar? Di Indonesia, istilah ini menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Sebelum ini, kita jarang menggunakan pendamping pernikahan perempuan maupun laki-laki. Pendamping sekarang harus ada di acara pernikahan.

Tidak hanya itu, para pendamping diberikan seragam, yang mengakibatkan peningkatan biaya pernikahan. Oleh karena itu, anda bisa mengurangi pembuatan seragam keluarga dan pendamping.

16. Menggunakan Dekorasi DIY

Dekorasi DIY adalah cara yang menyenangkan dan murah untuk mempercantik pernikahan Anda. Ajak teman dan keluarga Anda untuk membantu membuat hiasan meja, bunga buatan tangan, atau tanda souvenir yang kreatif.

17. Tema Pernikahan yang Menyesuaikan

Tema pernikahan tidak harus mewah. Anda bisa menggunakan konsep sederhana yang lebih “hangat” untuk menghemat uang. Anda bisa menyesuaikan desain dengan sesuai tema pernikahan anda dan tentunya sesuai dengan budget anggaran Anda.

Tips  Membuat Dekorasi Akad Nikah di Rumah

cara mengatur budget pernikahan

 

1. Pilih Lokasi Rumah

Jika Anda ingin melangsungkan pernikahan di rumah, Anda harus mempersiapkan tempat atau lokasinya. Pilih lokasi yang paling luas dan representatif untuk prosesi akad karena itu menjadi acara utama yang disaksikan oleh keluarga dan tamu yang hadir.

Jadi, tentukan lokasi yang tepat di dalam atau di luar rumah.

2. Dekorasi Akad Nikah

Jika Anda memilih tempat akad di dalam rumah, Anda tidak perlu khawatir tentang dekorasi. Anda memiliki kebebasan untuk membuat dekorasi akad nikah yang indah di mana pun Anda inginkan. Dekorasi akad nikah lesehan di rumah adalah salah satu ide yang dapat kamu pikirkan. Konsep ini tidak membutuhkan ruang yang luas; bahkan tempat yang lebih kecil akan cukup.

Gunakan bantal khusus untuk alas, dan siapkan meja kecil untuk prosesi akad seperti tanda tangan buku nikah, ijab kabul, dan sebagainya. Karpet dan pot bunga cantik adalah pilihan lain untuk menghias meja akad. Untuk membuat kombinasi warna yang tidak muram, racik warna sampai tampak senada. Sebagai saran, gunakan putih sebagai warna utama karena sangat aman jika dikombinasikan dengan warna lain.

3. Dekorasi Tempat Pelaminan

Tidak perlu membuat dekorasi akad nikah yang rumit dan ribet, terutama di tempat pelaminan. Anda dapat membuat dekorasi yang sederhana namun indah,cantik dan elegan. Pilih kursi atau sofa dengan warna yang senada dengan konsep yang disesuaikan.

Untuk meningkatkan kesan asri dan alami, letakkan ornamen tanaman di kiri dan kanan pelaminan. Anda dapat memasangnya di berbagai area, seperti di atas kursi pelaminan.

4. Dekorasi Backdrop

Dalam kebanyakan kasus, dekorasi akad nikah sederhana akan menggunakan backdrop dengan nama sebagai aksen utama. Anda masih dapat lebih berkreasi lagi. Misalnya, membuat hiasan indah dari tanaman buatan dan membentuknya sedemikian rupa. Bahkan jika tirai putih polos tanpa dekorasi digunakan sebagai backdrop, tetap akan terlihat cantik, dan tentunya dapat menghemat budget juga.

5. Dekorasi Prasmanan

Meskipun Anda melakukan pernikahan di rumah, Anda masih perlu menyiapkan prasmanan dan tempat makan yang layak. Tempat makan dan prasmanan mungkin lebih kecil jika yang diundang hanya keluarga dan kerabat terdekat.

Menyesuaikan saja; prasmanan tidak memerlukan dekorasi yang rumit. Utamanya menyesuaikan dengan tempat agar tamu nyaman dan tidak sumpek saat makan. Selagi akad dan pelaminan dilakukan di dalam rumah, teras dan halaman rumah dapat digunakan sebagai tempat prasmanan dan tempat makan.

6. Tempat Kursi Tamu

Kursi tamu harus ditempatkan dengan hati-hati. Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut: Hitung berapa banyak tamu yang akan hadir di akad nikah sesuaikan luas rumah, kemudian, hitung berapa banyak kursi yang akan digunakan oleh tamu, dan pastikan bahwa luas dan kursi tamu sesuai.

Baiklah jadi itulah cara mengatur budget pernikahan yang efektif dan hemat beserta dengan tips membuat dekorasi akad nikah dirumah agar budget yang anda keluarkan hemat dan minimalis, semoga artikel ini dapat menginspirasi anda yang sedang menacari-cari tips menikah agar budget pernikahan hemat dan juga efektif, semoga bermanfaat….

Terimakasih telah membaca artikel ini~

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *